3.14.2011

Perpustakaan Adalah Rumah Pertama Aku 1


Mungkin anda sudah mengenal dengan namanya perpustakaan.

yups......perpustakaan banyak ditemukan dimana-mana terutama di sekolah-sekolah dan kota-kota besar. Tapi kenapa yah, masyarakat masih enggan untuk datang ke perpustakaan terutama di Indonesia. Sebagai contoh kecilnya nih yaitu siswa. Berdasarkan penelitian saya sebagai seorang librarian atau pustakawan di Sekolah Menengah Atas (SMA), ini dia alasan kenapa siswa enggan datang ke Perpustakaan:
1. Siswa bilang koleksi yang ada di Perpustakaan kebanyakan tentang buku pelajaran, padahal mereka sudah jenuh dengan buku-buku pelajaran yang setiap hari mereka buka.
2. Koleksi tidak up to date.
3. Ruangan yang tidak nyaman atau kotor
4. Pelayanan tidak ramah dan cuek

hhhhmmmmm........well......well.......well...... memang tidak di pungkiri lagi, itu memang fakta adanya. Dan ke empat poin itu yang sering saya dengar dari beberapa siswa di perpustakaan yang saya kelola. Yang paling sering adalah poin 1 dan poin 2. Tapi saya punya jawaban kenapa perpustakaan seperti itu.

uuuuppppsssss................ntar dulu...................saya pending dulu jawabannya. Karena disini dan hari ini saya ga akan menulis tentang itu. Saya ingin menulis kenapa Judul yang saya tulis hari ini adalah "Perpustakaan Adalah Rumah Pertama Aku"

hhhhmmmmmmm............mungkin kalian yang membaca blog ini akan heran dan bertanya-tanya "Ko bisa yah??" , "Bukannya rumah pertama itu adalah ketika pulang ada ibu, bapak, kakak, adik, keluarga, and bla......bla.....bla......??"

Rumah pertama menurut saya adalah ketika seseorang mengghabiskan waktunya di tempat itu, ada rasa nyaman dan tenang dan tempat itu adalah perpustakaan. Perpustakaan adalah rumah pertama bagi saya pada saat ketika saya harus bekerja sebagai seorang pustakawan di sekolah elite berasrama (Boarding School) di Bandung. Diantara kalian mungkin ada yang kenal dan tau, namanya SMAT Krida Nusantara. Disini pula saya harus tinggal dan menempati rumah dinas milik Yayasan Krida Nusantara.

Kalian Percaya ga kalau rumah dinas yang saya tempati cuma untuk tidur, nyuci baju, mandi, nyetrika, beresin rumah kalau lagi acak-acakan. Dan selebihnya saya menghabiskan waktu di Perpustakaan. Dan pada saat saya membuat blog ini pun, saya ngebela-belain seharian full pada waktu hari libur datang ke Perpustakaan. Kerjaan apapun saya akan lakukan untuk menghilangkan kejenuhan, sekalipun itu pada waktu hari libur.

Banyak sekali pelajaran yang saya dapet ketika saya menginjakkan kaki di Perpustakaan SMAT Krida Nusantara ini. Suka dan duka yang aku rasakan disini banyak sekali, bahkan saya sering nangis......hehehehe.........upppsssss......jadi malu nich.................

Itulah goresan-goresan kecil yang saya tulis di hari ini, tapi kisah ini belum selesai loh.........nantikan kisah selanjutnya........pasti lebih seru lagiiii...... ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSKAN KOMENTAR