9.21.2011

PERPUSTAKAAN





Ruangan Perpustakaan





Banyak sekali definisi tentang perpustakaan. Tapi kebanyakan orang atau masyarakat bahwa perpustakaan adalah suatu gedung atau ruangan yang didalamnya terdapat tumpukan buku-buku. Saya tidak menyalahkan definisi  tersebut. Memang ada  benarnya bahwa definisi   perpustakan seperti itu tapi  ada kata tambahan dan  harus diperjelas. Selain ada gedung atau ruangan, buku, perpustakaan juga dikelola dengan aturan dan sistem tertentu. Seperti pengklasifikasian buku, cara melabel buku, cara menyimpan buku di rak dan lain-lain. Koleksi perpustakaan bukan hanya buku saja tapi ada koleksi-koleksi lain yang tersimpan di perpustakaan seperti kaset, CD, DVD, Film, dan juga ada buku elektronik atau biasa disebut dengan E-Book.

Meja Baca
Dan Perpustakaan SMAT Krida Nusantara sudah memiliki itu walaupun hanya beberapa saja. Perpustakaan SMAT Krida Nusantara sudah ke tahap Perpustakaan digital dimana koleksi ebook yang sudah dimiliki sekitar 2500 e-book dan pelayanan yang dilaksanakan sudah ke arah digital atau komputerisasi. Segala fasilitas disini lumayan sudah lengkap tapi masih ada yang kurang yaitu ruangan yang kurang luas dan koleksi masih belum upto date.

Tempat Penyimpanan Tas
Selain itu ada beberapa kendala yang sedang di hadapi sekarang ini yaitu perpustakaan kalah saing dengan dunia maya apalagi setelah siswa nya di bagikan laptop satu persatu, tingkat kunjungan perpustakaan semakin menurun. Yang biasanya kunjungan bisa mencapai 2000 pengunjung perbulan tapi 3 bulan belakangan ini merosot drastis sekitar kuarang dari 1000 pengunjung. Siswa malah lebih asyik bermain dengan laptopnya, mungkin ini pertama kalinya mereka mempergunakan laptop di sekolah yang biasanya tabu atau dilarang di sekolah ini. Semakin berkembangnya teknologi, maka semakin besar tantangannya buat perpustakaan untuk menyelesaikan masalah ini. Tapi walaupun begitu, masih ada segi positifnya yang dirasakan.


PERPUSTAKAAN SMAT KRIDA NUSANTARA



ruang tampak keseluruhan
Koleksi






















































































































dilihat dari belakang ruangan

pengolahan dan pelayanan
Ruang Kepala Perpustakaan
Ruang Kepala Perpustakaan / Meja Tamu











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSKAN KOMENTAR